REVIEW JURNAL ANALISIS PENERAPAN E-BUSINESS STUDI KASUS PADA PT.SINAR MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY (SMART), Tbk
Tugas Softskill
Agustin Adelina
58411101
4IA17
Agustin Adelina
58411101
4IA17
A. Pendahuluan
E-bisnis (Electronic Business, atau "E-business")
dapat diartikan sebagai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh
organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola
proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan—dapat berupa berupa
keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas
dan profit. Penerapan e-bisnis pada suatu unit usaha sebenarnya dapat
menimbulkan keuntungan atau kerugian bagi unit usaha yang dimaksud. Terkadang
permasalahan ini menjadi dilema yang harus diselesaikan oleh manajemen. Pada
satu sisi, teknologi ini akan sangat menguntungkan penjualan. Promosi dapat
dilakukan secara meluas. Sampai pada efesiensi tenaga kerja, secara tidak
langsung. Namun, bagi beberapa unit usaha, penerapan e-bisnis cenderung akan mengakibatkan
kerugian. Hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan teknologi
ini sangat tinggi. Bahkan bisa lebih tinggi daripada keuntungan yang diperoleh
dari penerapan e-bisnis itu sendiri. Sehingga hal ini tidak memenuhi teori cost
and benefit. Di mana benefit yang seharusnya diperoleh lebih besar
daripada cost yang dikeluarkan.
B.
Profil
Perusahaan
PT. Sinar Mas Agro Resources and
Technology (SMART), Tbk adalah sebuah perusahaan agribisnis dengan komoditi
utama berupa kelapa sawit yang berkantor pusat di jalan M. H. Thamrin No. 51
Kav. 22, Jakarta 10350, dengan presiden direktur Muktar Widjaja. Perusahaan ini
dapat dihubungi pada nomer berikut : Phone : 021 318 1388 (hunting
system) - Fax : 021 318 1389, Email investor@smart-tbk.com. PT.
SMART, Tbk merupakan bagian dari Golden Agri-Resources Limited (GAR),
perusahaan komoditi kelapa sawit terbesar di dunia yang berada di Singapore.
PT. SMART, Tbk pertama kali didirikan tahun 1962, pada saat itu bernama PT
Maskapai Perkebunan Sumcama Padang Halaban, kemudian baru pada tahun 1991
berganti nama menjadi PT. SMART Corporation. Pada tahun 1992, pihak manajemen
mengambil kebijakan untuk go public dengan mendaftarkan sahamnya ke
bursa saham Jakarta dan Surabaya. Dengan listingnya perusahaan ini di pasar bursa, nama perusahaan berubah menjadi
PT. SMART, Tbk pada tahun 1999 berdasarkan peraturan pemerintah no. 26 tahun
1998.
C. Penerapan E-Bisnis Pada PT. SMART,
Tbk
Sistem
yang dianalisis pada jurnal ini adalah model Business to Consumer (B2C).
Business to Consumer merupakan bentuk jual-beli produk atau jasa yang
melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara
elektronis. B2C menjembatani aktivitas antara
organisasi-dalam hal ini PT. SMART, Tbk- dengan para konsumen serta pihak yang
berkepentingan lainnya. Salah satu cara yang ditempuh perusahaan dalam
menerapkan e-bisnis adalah dengan memanfaatkan media jaringan dan komunikasi. PT.
SMART, Tbk telah menyediakan situs/website tentang perusahaannya di
internet yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja ( www.smart-tbk.com ).
Penerapan situs ini terkait dengan citra perusahaan dan
merupakan salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk lebih
mengenalkan kepada 55 khalayak, baik produk maupun perusahan itu sendiri (salah
satu bentuk e-bisnis dalam hal promosi).
Melalui
situs tersebut, banyak informasi yang dapat diperoleh oleh khalayak. Berikut
beberapa item yang dapat dimanfaatkan :
1. Item
for Investor.
Dalam
item ini, tersedia informasi mengenai laporan tahunan, hasil kuartalan,
harga internasional, perkebunan dan produksi, informasi kepada shareholders,
serta pengumuman-pengumuman terbaru.
2. Item
for Costumers.
Item
ini
menyediakan ragam produk yang dapat dikonsumsi oleh konsumen, berikut kelebihan-kelebihan
dari produk tersebut. Sehingga para konsumen dapat mengetahui keunggulan
produk-produk tersebut.
3. Item
for Job Seekers.
Item
ini
memberikan informasi mengenai peluang-peluang untuk dapat bergabung dengan perusahaan
ini. termasuk juga kriteria yang diperlukan untuk dapat bekerja di sana.
4. Item
Product Recipes.
Perusahaan
juga memanjakan konsumennya dengan memberikan beberapa resep masakan yang dapat
dicoba oleh customer dengan menggunakan produk perusahaan.
D. Manfaat Penerapan E-Bisnis Pada PT.
SMART, Tbk
·
Bagi para investor, baik investor lama
maupun investor yang akan bergabung, dapat memperoleh informasi mengenai
laporan tahunan dan hasil kuartalan sehingga investor dapat mengetahui
bagaimana kinerja perusahaan. Informasi-informasi dan pengumuman lainnya yang
dimuat akan memberikan sinyal kepada investor untuk mengambil keputusan.
Informasi-informasi seperti ini dapat diakses secara cepat oleh investor. Hal ini
tentunya akan mempersingkat jarak dan waktu yang dibutuhkan investor dalam mengambil
keputusan untuk bergabung atau malah menarik investasinya. Adanya situs ini
memberi keuntungan bagi perusahaan ketika informasi-informasi yang dimuat
memberikan sinyal positif kepada investor. Sehingga investor baru yang sebelumnya
belum mengetahui perusahaan terkait menjadi tertarik untuk menanamkan modalnya.
·
Bagi para konsumen, konsumen semakin
dapat mengenal produk-produk yang ditawarkan perusahaan. Kemudian mengetahui
lebih dalam mengenai keunggulan-keunggulan yang dimiliki produk tersebut.
Selain itu, para konsumen juga disuguhkan berbagai resep masakan yang dapat dibuat
menggunakan produk yang ditawarkan sehingga mendorong konsumen untuk membeli
produk tersebut. Hal ini akan memberi keuntungan bagi perusahaan. Dapat dikatakan
pula situs ini menjadi sarana promosi
terhadap konsumen.
·
Bagi para pencari kerja, dapat
memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan di PT. SMART, Tbk. Para
pencari kerja yang berminat dapat mendaftarkan diri secara online melalui
situs ini. Hal ini memudahkan para pencari kerja dalam hal pengiriman surat lamaran
yang hemat dan cepat, serta lebih terjamin. Bagi perusahaan juga merupakan kemudahan
untuk mendata para pelamar yang telah masuk secara online di komputer tanpa
harus meng-entry data pelamar. Dengan demikian dapat mempercepat proses administrasi.
·
Adanya peningkatan citra perusahaan di
mata pasar.
·
Perusahaan dapat menyampaikan berbagai
informasi kepada semua pihak yang berkepentingan dengan cepat, tepat dan
efisien.
E.
Kerugian
Penerapan E-Bisnis Pada PT. SMART, Tbk
·
Adanya penambahan biaya operasional
untuk menjalankan teknologi ini.
·
Dapat terjadi missed-communication antara
manajemen perusahaan dan investor akibat kurangnya hubungan secara langsung.
·
Jika terjadi kesalahan yang telah dimuat
di media ini, akan sulit untuk memperbaikinya, karena hal ini dengan sangat
cepat tersebar kepada setiap pembaca.
·
Perusahaan mau tidak mau harus membuka
semua informasi melalui media ini. Dengan demikian, perusahaan tidak dapat
menutup-nutupi keadaan bahkan yang kurang baik dalam diri perusahaan. Hal ini
akan memberi sinyal negatif bagi investor atau pihak lain.
F. Kesimpulan
PT. SMART, Tbk merupakan
perusahaan agribisnis yang memiliki situs atau website sebagai model Business
to Consumer (B2C) yang diterapkan pada perusahaan ini. Website yang diluncurkan
oleh PT. SMART, Tbk memberi banyak keuntungan baik bagi pihak luar maupun bagi perusahaan itu sendiri. Pihak
luar dari kalangan investor
dapat memperoleh informasi tentang laporan keuangan dan pengumuman deviden melalui item for
investor. Bagi para konsumen, informasi mengenai produk dapat diperoleh melalui item for
consumer. Selain itu, para pencari kerja juga dapat memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan diperusahaan
melalui item for job seeker.
Penerapan e-bisnis pada PT. SMART, Tbk dapat dikatakan sangat baik. Karena hal ini dapat memberikan keuntungan
kompetitif bagi perusahaan. Keuntungan yang dapat diraih tidak hanya sebatas
keuntungan finansial, tapi juga keuntungan nonfinansial. Namun sayangnya,
keuntungan financial yang tercermin dari laporan keuangan tidak dapat
diketahui secara pasti. Hal ini dikarenakan dalam laporan keuangan yang dapat
diamati, baik akun biaya maupun laba usaha kurang terperinci. Hal ini
mengakibatkan tidak diketahui secara pasti berapa besar rupiah yang digunakan sebagai
biaya promosi dan lain-lain serta keuntungan yang diperoleh dari usaha e-bisnis
itu sendiri.
Daftar
Pustaka
Comments
Post a Comment