New Media

New media adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20 yang menuntut untuk bisa diakses kapan saja, dimana saja pada setiap perangkat digital. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Wikipedia adalah ensiklopedia online, salah satu contoh dari new media yang berisi teks, gambar, video yang dapat diakses melalui internet dimana saja, kapan saja. Facebook, Google +, Kaskus, Twitter, dan Point Blank, YouTube juga merupakan contoh-contoh dari new media.

Ada beberapa cara dalam menjelaskan apa itu new media, tetapi Lev Manovich, dalam pengantar Reader New Media, mendefinisikan New Media dalam delapan proposisi sederhana dan singkat.
  • ·         New Media versus Cyberculture
  • New Media as Computer Technology Used as a Distribution Platform (New Media sebagai teknologi computer yang digunakan sebagai platform distribusi).
  • ·         New Media as Digital Data Controlled by Software (New Media sebagai data digital yang dikendalikan software).
  • ·         New Media as the Mix Between Existing Cultural Conventions and the Conventions of Software (New Media sebagai campuran antara konvensi budaya yang ada dan konvensi perangkat lunak).
  • ·         New Media as the Aesthetics that Accompanies the Early Stage of Every New Modern Media and Communication Technology (New Media sebagai estetika yang menemani tahap awal setiap media modern dan teknologi komunikasi baru).
  • ·         New Media as Faster Execution of Algorithms Previously Executed Manually or through Other Technologies (New Media sebagai eksekusi cepat algoritma yang sebelumnya dilakukan secara manual atau dengan teknologi lain).
  • ·         New Media as the Encoding of Modernist Avant-Garde; New Media as Metamedia.
  • ·         New Media as Parallel Articulation of Similar Ideas in Post-WWII Art and Modern Computing (New Media sebagai gagasan artikulasi parallel yang serupa di seni pasca-perang dunia II dan komputasi modern). (http://en.wikipedia.org/wiki/New_media)
Komponen-komponen New Media terdiri dari tiga komponen

Produsen         : Yang membuat New Media tersebut
·         Distributor       : Yang menyalurkan New Media kepada konsumen
·         Konsumen       : Yang memakai atau menggunakan New Media (http://biohakimperdana.blogspot.com/2011/10/new-media.html)

Berikut ini adalah contoh-contoh aplikasi New Media

Facebook merupakan salah satu contoh aplikasi New Media dalam jejaring sosial. Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. (http://update-knowledges.blogspot.com/2011/10/tugas-softskill-pengantar-teknologi-new.html).
·        
      YouTube adalah  sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. YouTube memungkinkan siapa saja dengan koneksi internet untuk mengunggah video dan penonton dari seluruh penjuru dunia dapat menikmatinya hanya dalam beberapa menit. Keanekaragaman topik yang ada di YouTube membuat berbagi video menjadi salah satu bagian yang penting dalam kultur berinternet. (http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube)
·        
      Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 di Indonesia. Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. (http://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus)
·        
      Point Blank adalah sebuah permainan komputer ber-genre FPS  yang dimainkan secara online . Permainan ini dikembangkan oleh Zeppeto dari Korean Selatan dan dipublikasikan oleh NCSoft. Selain di Korea Selatan, permainan ini mempunyai server sendiri di Thailand, Rusia, Indonesai, Brasil, Turki, Amerika Serikat, dan Peru. Di Indonesia, permainan ini dikelola oleh PT. Kreon melalui Gemscool. Point Blank berkisah tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force (CT-Force). (http://update-knowledges.blogspot.com/2011/10/tugas-softskill-pengantar-teknologi-new.html)

AR (Augmented Reality)

Augmented Reality (AR) adalah konsep pelapisan konten visual (i.e. grafik) di atas pemandangan dunia nyata seperti yang terlihat melalui sebuah kamera. AR mentransformasi perangkat mobile Anda ke dalam sesuatu yang digambarkan sebagai suatu cermin ajaib dimana Anda dapat berinteraksi dengan dunia nyata. Dari permainan dan gaming ke media/marketing interaktif ke how-to/bantuan, augmented reality membuka pintu untuk aplikasi dan layanan mobile baru. (www.qualcomm.co.id/products/augmented-reality)
Augmented Reality Menjadi Terkenal di Jepang dan Amerika Saat Hirokazu Kato Memperkenalkan Software Library ArTookit yang berguna Membangun Augmented Reality pada tahun 2000an. Augmented Reality Menjadi Menarik Untuk Dikembangkan Karena Menggabungkan Dunia Virtual dan Dunia Nyata Secara Real Time.  (http://nulisbuku.com/books/view/augmented-reality-with-artoolkit)
Dengan augmented reality, informasi video maupun animasi dapat ditambahkan ke dalam surat kabar sehingga pengguna dapat mengakses informasi dengan lebih interaktif dan jelas. Melalui teknologi augmented reality, pembaca surat kabar akan mendapatkan pengalaman baru yang lebih interaktif. Dengan mengarahkan kertas surat kabar pada kamera, gambar dua dimensi (2D) pada kertas akan memperlihatkan suatu gambar yang hidup dan bergerak seperti video dan tiga dimensi (3D). (http://tekno.kompas.com/read/2012/05/29/14583223/Augmented.Reality.Warnai.Media.Cetak.Masa.Depan)

Contoh beberapa video tentang Augmented Reality

VR (Virtual Reality)

Teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone. (http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya)
Virtual reality juga digambarkan dalam film seperti Congo. Pada film tersebut, Ami (sang Gorila) menggunakan bahasa tanda dan sarung tangan (glove) virtual reality untuk berkomunikasi dengan manusia. Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis. (http://fitriansyah76.wordpress.com/2008/12/03/virtual-reality/)
Perbedaannya dengan virtual reality ada pada penambahan dan proses penggabungannya. Pada virtual reality dunia nyata yang digabungkan ke dalam dunia maya sedangkan augmented reality menambahkan komponen dunia maya ke dunia nyata. (http://tekno.kompas.com/read/2012/05/29/14583223/Augmented.Reality.Warnai.Media.Cetak.Masa.Depan)

Contoh beberapa video tentang Virtual Reality

Comments

Post a Comment

Popular Posts