New Media
New media
adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer,
atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20 yang
menuntut untuk bisa diakses kapan saja, dimana saja pada setiap perangkat
digital. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah
digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat
jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat
Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Wikipedia
adalah ensiklopedia online, salah satu contoh dari new media yang berisi teks,
gambar, video yang dapat diakses melalui internet dimana saja, kapan saja. Facebook,
Google +, Kaskus, Twitter, dan Point Blank, YouTube juga merupakan
contoh-contoh dari new media.
Ada beberapa
cara dalam menjelaskan apa itu new media, tetapi Lev Manovich, dalam pengantar
Reader New Media, mendefinisikan New Media dalam delapan proposisi sederhana
dan singkat.
- · New Media versus Cyberculture
- New Media as Computer Technology Used as a Distribution Platform (New Media sebagai teknologi computer yang digunakan sebagai platform distribusi).
- · New Media as Digital Data Controlled by Software (New Media sebagai data digital yang dikendalikan software).
- · New Media as the Mix Between Existing Cultural Conventions and the Conventions of Software (New Media sebagai campuran antara konvensi budaya yang ada dan konvensi perangkat lunak).
- · New Media as the Aesthetics that Accompanies the Early Stage of Every New Modern Media and Communication Technology (New Media sebagai estetika yang menemani tahap awal setiap media modern dan teknologi komunikasi baru).
- · New Media as Faster Execution of Algorithms Previously Executed Manually or through Other Technologies (New Media sebagai eksekusi cepat algoritma yang sebelumnya dilakukan secara manual atau dengan teknologi lain).
- · New Media as the Encoding of Modernist Avant-Garde; New Media as Metamedia.
- · New Media as Parallel Articulation of Similar Ideas in Post-WWII Art and Modern Computing (New Media sebagai gagasan artikulasi parallel yang serupa di seni pasca-perang dunia II dan komputasi modern). (http://en.wikipedia.org/wiki/New_media)
Komponen-komponen New Media terdiri
dari tiga komponen
Produsen : Yang membuat New Media tersebut
·
Distributor : Yang menyalurkan New Media kepada
konsumen
·
Konsumen : Yang memakai atau menggunakan New Media
(http://biohakimperdana.blogspot.com/2011/10/new-media.html)
Berikut ini adalah contoh-contoh
aplikasi New Media
Facebook
merupakan salah satu contoh aplikasi New Media dalam jejaring sosial. Facebook
memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil
pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk
pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu,
pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu,
diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau
karakteristik lainnya. (http://update-knowledges.blogspot.com/2011/10/tugas-softskill-pengantar-teknologi-new.html).
·
YouTube
adalah sebuah situs web video sharing
(berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan
berbagi klip video secara gratis. YouTube memungkinkan siapa saja dengan
koneksi internet untuk mengunggah video dan penonton dari seluruh penjuru dunia
dapat menikmatinya hanya dalam beberapa menit. Keanekaragaman topik yang ada di
YouTube membuat berbagi video menjadi salah satu bagian yang penting dalam
kultur berinternet. (http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube)
·
Kaskus
adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 di Indonesia. Kaskus,
yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari
komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. (http://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus)
·
Point
Blank adalah sebuah permainan komputer ber-genre FPS yang dimainkan secara online . Permainan ini
dikembangkan oleh Zeppeto dari Korean Selatan dan dipublikasikan oleh NCSoft.
Selain di Korea Selatan, permainan ini mempunyai server sendiri di Thailand,
Rusia, Indonesai, Brasil, Turki, Amerika Serikat, dan Peru. Di Indonesia,
permainan ini dikelola oleh PT. Kreon melalui Gemscool. Point Blank berkisah
tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah
Counter Terrorist Force (CT-Force). (http://update-knowledges.blogspot.com/2011/10/tugas-softskill-pengantar-teknologi-new.html)
AR (Augmented Reality)
Augmented
Reality (AR) adalah konsep pelapisan konten visual (i.e. grafik) di atas
pemandangan dunia nyata seperti yang terlihat melalui sebuah kamera. AR
mentransformasi perangkat mobile Anda ke dalam sesuatu yang digambarkan sebagai
suatu cermin ajaib dimana Anda dapat berinteraksi dengan dunia nyata. Dari
permainan dan gaming ke media/marketing interaktif ke how-to/bantuan, augmented
reality membuka pintu untuk aplikasi dan layanan mobile baru. (www.qualcomm.co.id/products/augmented-reality)
Augmented Reality Menjadi Terkenal di Jepang
dan Amerika Saat Hirokazu Kato Memperkenalkan Software Library ArTookit yang
berguna Membangun Augmented Reality pada tahun 2000an. Augmented Reality
Menjadi Menarik Untuk Dikembangkan Karena Menggabungkan Dunia Virtual dan Dunia
Nyata Secara Real Time. (http://nulisbuku.com/books/view/augmented-reality-with-artoolkit)
Dengan
augmented reality, informasi video maupun animasi dapat ditambahkan ke dalam
surat kabar sehingga pengguna dapat mengakses informasi dengan lebih interaktif
dan jelas. Melalui teknologi augmented reality, pembaca surat kabar akan
mendapatkan pengalaman baru yang lebih interaktif. Dengan mengarahkan kertas
surat kabar pada kamera, gambar dua dimensi (2D) pada kertas akan
memperlihatkan suatu gambar yang hidup dan bergerak seperti video dan tiga
dimensi (3D). (http://tekno.kompas.com/read/2012/05/29/14583223/Augmented.Reality.Warnai.Media.Cetak.Masa.Depan)
Contoh beberapa
video tentang Augmented Reality
VR (Virtual Reality)
Teknologi
yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang
disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan
sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam
imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman
visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah
penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi
hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone. (http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya)
Virtual
reality juga digambarkan dalam film seperti Congo. Pada film tersebut, Ami
(sang Gorila) menggunakan bahasa tanda dan sarung tangan (glove) virtual
reality untuk berkomunikasi dengan manusia. Cara kerja sistem virtual reality
pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang
sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat
headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui
headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan
sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang
berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis. (http://fitriansyah76.wordpress.com/2008/12/03/virtual-reality/)
Perbedaannya
dengan virtual reality ada pada penambahan dan proses penggabungannya. Pada
virtual reality dunia nyata yang digabungkan ke dalam dunia maya sedangkan
augmented reality menambahkan komponen dunia maya ke dunia nyata. (http://tekno.kompas.com/read/2012/05/29/14583223/Augmented.Reality.Warnai.Media.Cetak.Masa.Depan)
Contoh
beberapa video tentang Virtual Reality
Gue nggak mudeng... (-____-")
ReplyDelete